Spam Oleh Blogger, Spam Oleh Google - THEMASDOYOK.COM

Spam Oleh Blogger, Spam Oleh Google - THEMASDOYOK.COM


Spam Oleh Blogger, Spam Oleh Google

Posted: 07 Jul 2012 01:58 AM PDT

Masih juga banyak pertanyaan mengenai, "Apa yang harus dilakukan terhadap komentar spam yang masuk ke Blogger?". Kita semua tahu bahwa Blogger adalah bagian dari Google. Karena keterkaitan ini, kesimpulan mudah kita dapat: Spam oleh Blogger Spam oleh Google. Ketika Blogger menganggap suatu komentar sebagai spam -apapun alasannya-, saya berpikir Google-pun juga.


Mungkin Anda berfikir suatu komentar spam adalah komentar yang mengandung link-link yang di blacklist, bisa juga mengandung link yang tak bermasalah namun dalam jumlah yang banyak. Kemudian Anda berpikir juga komentar-komentar yang masuk ke kotak spam dashboard blogger Anda tidak menunjukkan ciri-ciri jahat seperti itu. Lantas kenapa Blogger menganggapnya sebagai spam? Apa jawabannya?

Ada beberapa poin yang patut di amati:

- Ketika Anda berpikir komentar yang masuk ke kotak spam, sama sekali bukan spam, mungkin Anda kurang teliti pada-hal-hal berikut:
(1) Link jahat tidak melulu ada pada isi komentar, tapi mungkin ada pada nama pengomentar.
(2) Pada bagian isi komentar mungkin mengandung banyak link yang tidak sama persis tapi mirip. Sering terjadi jika Anda menggunakan shortener URL
(3) Mungkin kesamaan tidak ditemukan pada link tapi pada kalimat yang terlalu sering di ulang-ulang
(4) Orang yang sama pernah menulis beberapa komentar yang mirip di artikel-artikel lain
(5) dan (mungkin masih sangat banyak lagi...

- Ketika Anda tidak menemukan ciri-ciri spam yang Anda ketahui ataupun seperti pada poin-poin tambahan di atas, apa yang Anda lakukan terhadap komentar-komentar yang dianggap spam oleh Blogger? Saya pribadi memilih menghapusnya. Mungkin Blogger berkata bahwa Anda bisa cek secara manual komentar-komentar yang masuk sebagai spam kemudian mempublikasikannya. Namun, mereka tetap saja menggunakan mesin.

Mesin Blogger menganggap salah satu komentar sebagai spam, kemudian berdasar pengamatan manusiawi Anda memutuskan bukan spam lantas mempublikasikannya. Ketika Anda publish berarti komentar tersebut masuk ke Blog Anda kemudian diindeks Google. Di Google, setiap data yang terindeks akan di cek sebagai spam atau tidak  yang lagi-lagi dilakukan oleh mesin. :D Pertanyaannya? Apakah berguna pengamatan Anda?

Kesimpulannya, komentar yang dianggap spam oleh Blogger maka pada akhirnya juga akan dianggap spam oleh Google. Setiap inchi Spam dari Blog Anda akan menurunkan kualitas Anda di mata Google. Jadi jangan ragu, setiap komentar yang masuk kotak spam dashboard Blogger Anda, hapuslah!

Semoga bermanfaat. Ini opini saya, keputusan terserah Anda...

Artikel Berjudul Spam Oleh Blogger, Spam Oleh Google