Newspaper di Blog Yang Interaktif - THEMASDOYOK.COM

Newspaper di Blog Yang Interaktif - THEMASDOYOK.COM


Newspaper di Blog Yang Interaktif

Posted: 29 Jul 2012 05:31 PM PDT

Sebagai pemilik blog yang alhamdulillah dibaca banyak orang, saya selalu berfikir bagaimana cara melibatkan mereka langsung di blog ini. Bukan. Bukan sebagai pengkomentar karena kali ini saya ingin menjadikan mereka sebagai penulis di blog ini. Untuk menjadikan mereka penulis tetap blog ini (baca: Berbahayanya Multiple Author Blogspot) tentu riskan karena jumlahnya tidak sedikit. Ketika Anda memikirkan hal yang sama dengan saya, nabble bisa jadi solusi terbaik. Jika ingin melihat contohnya ada di alamat ini: Mas Doyok Hot Info.

Membuat NewsPaper di Nabble
- Silahkan pergi ke Nabble.Com
- Klik Create a NewsPaper
- Isi data yang diperlukan kemudian klik tombol Create Newspaper
- Cek Email Anda untuk konfirmasi

Embed di Blog
Kelebihan Nabble adalah sistem embeddingnya yang memungkinkan kita dengan mudah memasangkannya di blog. Tanpa instalasi yang memusingkan, cukup di pasang di postingan atau halaman. Untuk lebih proffesional sebaiknya anda menggunakan halaman 
- Buat Halaman baru di Blogspot (Baca Juga: Membuat lebih dari 10 Halaman Statis di Blogspot)
- Pilih Mode Edit HTML, kemudian masukkan script embedding Newspaper Anda yang Anda dapatkan di menu sidebar kanan newspaper Anda (Options -> Embedding Options).

Redirect Users
Setelah newspaper di embed di Blog Anda maka akan muncul pilihan ini. Standarnya, link-link yang dibuka di tab baru atau jendela baru dari newspaper Anda maka akan terbuka pada URL asli nabble. Agar setiap link yang terbuka otomatis redirect ke halaman blog Anda, maka gunakan option ini. Tempatnya sama di Options -> Embedding Options

Pasang Pembaruan Newspaper di Sidebar
Agar blog Andalebih interaktif, harus ada gadget yang menampilkan update terbaru dari newspaper Anda. Sehingga di sidebar Anda akan ada gadget yang menampilkan artikel dengan judul beragam dari banyak penulis di newspaper Anda. Gunakanlah gadget feeds standar Blogspot (Rancangan/Template&Layout -> Add gadget -> Feeds). Alamat Feeds Newspaper Anda dapat ditemukan di bagian sidebar.


Informasikan dan Mudahkan
Setelah semuanya siap, informasikan hal ini ke pembaca Anda lewat postingan terbaru di blog Anda. Pasang linknya di menubar dengan perunjuk jelas semisal: SUBMIT BERITA atau yang lainnya.


Plus: Untung Berlipat
Jika ini maksimal dijalankan maka Anda mendapatkan keuntungan berlipat:
1. Anda lebih dekat dengan pembaca Anda
2. Jangan khawatir karena ini juga akan menyentuh sisi SEO. Anda yang memedang blog dengan topik tertentu seperti saya semisal blog tutorial, tentu akan lucu kalau menulis tips diet atau berita unik yang sedang booming. Padahal itu keyword ramai di Google. Nah, karena newspaper ini bebas dan bukan bagian dari berita terbaru blog Anda, maka Anda bisa tulis apapun dan jelas itu menambah sumber kunjungan Anda dari Google. Lesehan Wae saya telah menghasilkan ratusan ribu kunjungan dari Google. (Buka: Lesehan Wae)
3. Dua tahun saya menggunakan Nabble, hampir tak pernah terjadi gangguan
4. Loading super ringan dan appereance yang terus dikembangkan


Plus Lagi: Tips Submit di Lesehan Wae
Saya menggunakan cara serupa namun bergaya forum. Artikel yang Anda submit ke Lesehan Wae juga akan secara otomatis muncul di pembaruan di sidebar blog saya. Tipsnya adalah:
- Pastikan tulis artikel pada kategori yang tepat
- Buat judul yang menarik
- Anda bebas menulis artikel sepanjang apapun, namun jika Anda ingin trafik ke blog Anda setelah submit artikel ke Lesehan Wae, silahkan Anda cukup tulis ringkasan atau penggalan artikel Anda di sana, kemudian di bagian akhir berikan rujukan untuk membaca lengkap yang disertai link ke postingan asli di blog Anda.
- Buatlah penggalan atau ringkasan artikel yang menarik, jangan terlalu pendek.
- Sekarang juga submit ke: Lesehan Wae


Semoga ini bermanfaat, jika Anda berhasil memaksimalkannya, maka blog Anda akan lebih kaya dari berbagai sisi.