Menggunakan Custom URL di Blogger? - THEMASDOYOK.COM

Menggunakan Custom URL di Blogger? - THEMASDOYOK.COM


Menggunakan Custom URL di Blogger?

Posted: 27 Jul 2012 11:36 PM PDT

Menggunakan Custom URL di Blogger? - 1 Minggu yang lalu sejak blogger buzz mengenalkan ini, namun saya baru mengenalkannya di blog ini sekarang. Cukup terlambat :P. Untuk sekedar info seminggu jauh terlambat, namun untuk membahas plus minus penggunaanya ini sama sekali belum terlambat karena setelah ini kita semua bercita-cita membuat seribu artikel lagi :).

Automatic URL
Sejak awal Blogger menciptakan URL otomatis untuk setiap postingan kita. Setiap kita publish artikel, maka blogger akan menciptakan URL postingan yang sesuai dengan judul postingan Anda. Masing-masing kata dipisah dengan strip. Formatnya:
http://www.themasdoyok.com/tahun/bulan/judul-artikel-anda.html
*/themasdoyok.com/ berbeda setiap sesuai dengan alamat blog Anda

Custom URL
Fasilitas Custom URL Blogger memungkinkan Anda membuat URL postingan yang tidak otomatis mengambil dari judul artikel Anda. Formatnya hampir sama dan yang bisa di custom hanya bagian terakhir alias bagian judul. Untuk tahun dan bulan penerbitan tetap otomatis.
http://www.themasdoyok.com/tahun/bulan/customURL(tidakmengambildarijudul).html
Lebih baik Gunakan Custom?
Lalu, apakah kita lebih baik menggunakannya atau tidak? Ada kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Kita tahu bahwa Judul artikel dan URL artikel adalah elemen yang sama-sama penting untuk memperkuat kata kunci di Google (Baca: Hal yang Membuat Artikel Nyantel di Google).

Contoh ketika kita membuat artikel berjudul Cara Diet Paling Aman,

maka automatic URL akan membentuk link http://www.themasdoyok.com/tahun/bulan/cara-diet-paling-aman.html

kemudian misalkan kita memilih memanfaatkan fasilitas custom URL, kemudian kita isikan dengan 'tipsdiet2012' maka hasil URL nya adalah http://www.themasdoyok.com/tahun/bulan/tipsdiet2012.html

Ada beberapa catatan:
- Karena Automatic URL sama dengan judul, maka judul dan link akan saling menguatkan untuk keyword di Google. Tapi karena judul dan URl sama, maka keyword yang berhasil ditembak hanya satu yakni Cara Diet Paling Aman (URL dan Judul sama)
- Karena Custom URL seperti kasus di atas berbeda dengan judul, maka kemungkinan tidak akan saling menguatkan namun keyword yang ditembakkan bisa lebih beragam. Pada kasus ini keyword utama yang tertembak adalah Cara Diet Paling Aman (dari judul) dan Tips Diet 2012 (dari URL)

Conclusion
Ketika Anda memilih Custom URL, maka ada beberapa kelebihan sebagai berikut:
- Dapat menembak lebih banyak keyword utama. Ingat bahwa judul dan URl adalah salah satu hal terpenting dalam penembakan keyword.
- Meski menggunakan Custom, kita tetap bisa membuat URL yang mendukung Judul. Misalkan pada artikel berjudul Cara Diet Paling Aman, kita bisa menentukan Custom URL misalkan dengan menyisipkan kata tips sehingga kolom custom URL kita isi dengan Cara Tips Diet Aman. URL yang terbentuk akan berformat /cara-tips-diet-aman/ yang berarti tetap mendukung judul dan juga menghadirkan varian keyword baru yakni: Tips Diet Aman. Jadi pintar-pintarlah menentukan custom URL yang sesuai judul namun dengan sedikit penambahan keyword.

Dan beberapa peringatan sebagai berikut:
- Jangan terlalu panjang. Usahakan total karakter URL tidak lebih dari 70.
- Ingat selalu peringatan duplicate URL. Jangan membuat URL yang terlalu mirip postingan satu dengan yang lainnya pada bulan dan tahun yang sama.

Semoga bermanfaaat. Blogger memberikan tambahan layanan dasar lagi, namun sangat membantu...